Disfungsi Seksual


Aktivitas seksual merupakan kebutuhan biologis setiap manusia untuk mendapatkan keturunan. Namun, masalah seksual dalam kehidupan rumah tangga seringkali mengalami hambatan atau gangguan karena salah satu pihak (suami atau isteri) atau bahkan keduanya, mengalami gangguan seksual atau disfungsi seksual. Jika tidak segera diobati, masalah tersebut dapat saja menyebabkan terjadinya keretakan dalam rumah tangga.

Disfungsi seksual itu sendiri merupakan kondisi di mana fungsi seksual dalam tubuh seseorang sudah mulai melemah. Kondisi itu dapat terjadi ketika kita masih muda, maupun pada usia lanjut karena kondisi fisik dan mental yang semakin berkurang.



Kondisi disfungsi seksual dapat terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria dapat berupa hiposeksualitas (hasrat seks yang berkurang), impotensia (kemampuan ereksi berkurang atau tidak mampu sama sekali), ejakulasi dini, dan anorgosmia (tidak dapat orgasme). Sedangkan pada wanita, disfungsi seksual dapat berupa hiposeksualitas (hasrat seks berkurang), frigiditas (dingin terhadap seks atau tidak bergairah sama sekali), fobio seksualis (takut dan muak pada hubungan seksual), vaginismus, disparuenia (nyeri saat berhubungan), dan anorgasmia (tidak dapat organsme).


Disfungsi seksual disebabkan oleh berbagai gangguan dan penyakit, baik fisik maupun mental. Penyakit fisik yang menyebabkan disfungsi seksual adalah diabetes mellitus (kencing manis), anemia, kurang gizi, penyakit kelamin, penyakit otak dan sumsum tulang, akibat operasi prostat pada pria, tumor atau kanker rahim pada wanita, menurunnya hormon (pada pria maupun wanita), akibat pembedahan indung telur, penggunaan narkoba, obat penenang, alkohol, dan rokok. Sedangkan penyakit mental yang menyebabkan disfungsi seksual adalah psikosis, schizoprenia, neurosis cemas, histerik, obsesif-kompulsif, depresif, fobia, gangguan kepribadian atau psiko-seksual, serta retardasi mental dan gangguan intelegensia.


PENYEBAB

Gairah seksual yang rendah terjadi pada pria maupun wanita. Beberapa orang memiliki gairah atau ketertarikan seksual yang kurang selama hidupnya.

Kelainan ini mungkin berhubungan dengan:

  • peristiwa traumatik pada masa kanak-kanak atau remaja

  • penekanan fantasi seksual

  • kadar hormon testosteron yang rendah (baik pada pria maupun wanita).


Biasanya kelainan ini terjadi setelah bertahun-tahun sebelumnya memiliki gairah seksual yang normal.

Penyebabnya bisa berupa:

  • kejenuhan dalam suatu hubungan

  • depresi

  • gangguan hormonal

  • pemakaian obat-obat penenang, anti-cemas, anti-depresi dan obat tertentu untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Bahaya Mengkonsumsi Obat Kuat

Persepsi masyarakat tentang obat kuat semakin tesesatkan dengan maraknya iklan di media massa yang mengklaim dapat meningkatkan stamina pria, bahkan dengan memberi embel-embel sebagai "ramuan tradisional" atau "obat herbal alami". Sehingga beredarlah anggapan di masyarakat bahwa obat kuat tersebut memiliki kekuatan yang mampu 'menolong' persoalan disfungsi seksual pada pria secara praktis. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat yang selama ini mengonsumsi obat kuat dengan asumsi terbuat dari herbal alami, harganya yang murah, serta keengganan mereka untuk berkonsultasi ke dokter. Dalam banyak kasus, mengkonsumsi obat kuat dengan dosis tertentu secara berkala dapat menyebabkan gejala nyeri otot, hidung tersumbat, sakit kepala, mual, diare, hingga hilangnya gairah seks secara permanen. Pada orang yang mengidap penyakit jantung yang mengkonsumsi bahan kimia obat kuat, efeknya bisa sangat fatal bagi si penderita, bahkan berujung pada kematian.


sms button simpati +62813-1518-6262

Diagnosa

Penyebab Fisik Disfungsi Seksual Yang termasuk kedalam faktor fisik adalah semua gangguan atau penyakit yang berkaitan dengan gangguan hormon, pembuluh darah, dan saraf.

Salah satu penyebab fisik utama disfungsi ereksi adalah aterosklerosis arteri – arteri penis. Pada aterosklerosis, aliran darah ke penis berkurang dan terjadi penurunan kemampuan arteri – arteri penis untuk berdilatasi sewaktu perangsangan seksual , yang menyebabkan terbatasnya pembengkakan. Penyebab fisik lainnya adalah penayakit – penyakit sistemik misalnya hipotiroidisme, akromegali dan yang tersering diabetes mellitus. Diabetes terutama dihubungkan dengan aterosklerosis serta neuropati ( kerusakan saraf ). Pada tingkat sel , gangguan patofisiologis yang berperan pada ED (Erectile dysfunction, ED) adalah hipersensitivitas otonom, penurunan pembentukan nitrat oksida oleh prostat dan otot – otot polos pembuluh darah penis dan disfungsi sel – sel endotel. Serta penyakit gangguan fungsi hati, gangguan kelenjar gondok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, penyakit jantung dan penyakit ginjal yang dapat menyebabkan disfungsi seksual.


Faktor-faktor ini akan meningkatkan risiko disfungsi seksual pada wanita, meliputi:

  • depresi atau gelisah

  • penyakit kardiovaskular

  • penyakit neurologi, seperti cedera tulang belakang dan multiple sklerosis

  • antidepresan dan obat tekanan darah tinggi

  • tekanan psikologis, terutama dengan pasangan

  • pernah mengalami pelecehan seksual

Selain karena penyakit, disfungsi seksual karena penyebab fisik dapat juga karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok berlebihan, alkohol berlebihan, penyalahgunaan obat, dan kurang tidur.


Pengobatan :

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Ejakulasi dini merupakan keluhan seksual yang umum pada pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih...


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang sangat cepat, terjadi pada alat reproduksi,vagina dan penis, penyakit ini memiliki masa inkubasi...


  • Polip serviks adalah polip kecil yang tumbuh di saluran endoserviks dan menonjol pada mulut serviks. Kebersihan merupakan faktor utama untuk..


  • Gejala wasir begitu banyak, dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Gejala wasir antara lain:...