Keputihan


Penyakit keputihan (Fluor Albus) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada alat kelamin dan umumnya diderita oleh wanita. Hal ini disebabkan oleh infeksi organisme seperti bakteri, virus, dan dapat juga disebabkan karena pengaruh bahan kimia seperti cairan, krim yang digunakan di daerah organ intim. Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa keputihan ini dapat disebabkan oleh organisme yang ditularkan melalui pasangan seksual.



Alat kelamin wanita biasanya menghasilkan cairan bening dan tidak berbau. Pada siklus menstruasi normal, jumlah cairan yang keluar mungkin berbeda. Pada suatu waktu, mungkin sedikit cairan keluar, dan di lain waktu mungkin akan lebih banyak dan kental. Ini adalah hal yang normal. Namun jika cairan vagina tidak memiliki bau, umumnya dianggap sebagai kasus yang abnormal. Dan juga biasanya disertai dengan pembakaran, gatal-gatal atau bahkan keduanya. Gatal pada vagina dapat timbul setiap hari dan setiap saat, tetapi akan sangat mengganggu jika terjadi pada malam hari. Biasanya ketika Anda sedang mengalami keputihan dan melakukan hubungan seksual, hal ini akan memperburuk situasi menjadi semakin parah.


Gejala Fluor Albus dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya. Pada beberapa wanita, ditemukan bahwa mereka tidak mengalami gejala apapun. Tetapi umumnya mereka yang menderita flour albus mungkin mengalami gejala berikut :

  • Terasa gatal di dalam organ intim dan bagian luar.
  • Ada cairan kekuningan berwarna putih dari vagina, kadang-kadang berbusa dan memiliki sengatan.
  • Mengalami rasa sakit saat buang air kecil.

Jenis Keputihan

Keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu yang bersifat fisiologis dan Patologis.

Keputihan Fisiologis

Jenis keputihan ini biasanya sering terjadi saat masa subur, serta saat sesudah dan sebelum menstruasi. Biasanya saat kondisi-kondisi tersebut sering terdapat lendir yang berlebih, itu adalah hal normal, dan biasanya tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau. Keputihan fisiologis pada wanita hamil tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, karena adanya selaput ketuban yang dapat melindungi janin.



Keputihan fisiologis atau juga banyak disebut keputihan normal memiliki ciri-ciri:

  1. Cairan keputihannya encer
  2. Cairan yang keluar berwarna krem atau bening
  3. Cairan yang keluar tidak berbau
  4. Tidak menyebabkan gatal
  5. Jumlah cairan yang keluar terbilang sedikit
  6. Keputihan Patologis

Keputihan jenis patologis disebut juga sebagai keputihan tidak normal. Jenis keputihan ini sudah termasuk ke dalam jenis penyakit. Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai efek dan hal ini akan sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan.

Keputihan patologis akibat adanya infeksi akan mengakibatkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur pada wanita hamil dan bayi pun akan turut terkena infeksi. Bayi yang terkena infeksi virus beresiko mengalami ganngguan pencernaan dan gangguan pernapasan hingga bisa menyebabkan bayi mengalami kematian. Dan bayi yang mengalami infeksi akibat bakter dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.


Keputihan patologis memiliki ciri-ceiri sebagai berikut:

  1. Cairannya bersifat kental
  2. Cairan yang keluar memiliki warna putih seperti susu, atau berwarna kuning atau juga hijau
  3. Keputihan patologis menyebabkan rasa gatal
  4. Cairan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap
  5. Biasanya menyisakan bercak-bercak yang telihat pada celana dalam wanita
  6. Jumlah cairan yang keluar sangat banyak.

sms button simpati +62813-1518-6262

Penyebab Keputihan / Fluor Albus


  1. Jamur : Umumnya disebabkan oleh jamur albicans candida yang menyebabkan gatal-gatal di sekitar vulva atau vaginanya. Cairan berwarna putih disebabkan oleh jamur yang memiliki warna putih kekuningan dengan bau khas. jamur keputihan bisa disebabkan karena kehamilan, steroid, antibiotik, obesitas, diabetes, daya tahan tubuh rendah, dan sebagainya.

  2. Bakteri : Biasanya disebabkan oleh bakteri yang disebut Gardnerella. keputihan akibat bakteri biasanya berwarna putih keabu-abuan dan encer amis beraroma. Keputihan akibat bakteri biasanya muncul selama kehamilan, seks bebas.

  3. Virus : Keputihan yang disebabkan oleh virus biasanya penyakit bawaan dari HIV, herpes, kondiloma dan lain- lain yang bisa memicu munculnya kanker rahim. Virus ditularkan saat berhubungan seksual dengan gejala luka di sekitar blister dan terasa gatal di daerah vagina. Sedangkan kondiloma ditandai dengan munculnya banyak kutil dengan bau yang sering menyerang ibu hami ini.

  4. Parasit : Keputihan karena parasit disebabkan oleh vaginalis parasit trichomonas yang ditularkan melalui kontak seks dengan gejala keluarnya cairan berwarna kuning kental dengan aroma yang tidak sedap dan berbusa. Gatal dan iritasi dapat timbul, ini bisa menjadi infeksi parasit putih yang terjadi melalui swap ketika mandi, meminjam pakaian, menduduki kloset yang terkontaminasi, dan sebagainya.

Bagaimana mencegah keputihan / flour albus ?

sering mengganti pembalut pada saat menstruasi. Gunakan pembalut berkualitas yang mengandung bahan herbal dan berbagai teknologi yang dapat membunuh virus, bakteri, jamur serta berbagai macam organisme yang menjadi penyebab keputihan. Cobalah untuk tidak menggunakan toilet umum, pastikan bahwa Anda menggunakan toilet bersih. Menjalani pola hidup yang teratur, makan makanan bergizi, istirahat dan menghindari stres.

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Ejakulasi dini merupakan keluhan seksual yang umum pada pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih...


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang sangat cepat, terjadi pada alat reproduksi,vagina dan penis, penyakit ini memiliki masa inkubasi...


  • Polip serviks adalah polip kecil yang tumbuh di saluran endoserviks dan menonjol pada mulut serviks. Kebersihan merupakan faktor utama untuk..


  • Gejala wasir begitu banyak, dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Gejala wasir antara lain:...