Mastitis


Mastitis adalah peradangan payudara biasanya disebabkan oleh infeksi. Hal ini dapat terjadi pada setiap wanita, meskipun mastitis yang paling umum terjadi dalam 6 bulan pertama menyusui.

Mastitis dapat membuat Ibu merasa sangat lelah dan sakit. Ditambah dengan tuntutan merawat bayi yang baru lahir, hal ini membuat banyak perempuan berhenti menyusui sama sekali. Tapi sangat disarankan untuk dapat terus menyusui bayi. Karena menyusui membantu untuk membersihkan infeksi. Menyusui dengan payudara yang terkena mastitis tidak akan membahayakan bayi. Meskipun sangat sakit dan membuat ibu terkadang patah semangat dalam memberikan ASI eksklusif, mastitis dapat disembuhkan dengan pengobatan yang benar.

Tanda-tanda atau gejala dapat berkembang dengan cepat, yang mencakup :

  • Area payudara menjadi merah dan bengkak
  • Daerah yang terkena payudara sakit saat disentuh
  • Daerah yang terkena terasa panas ketika disentuh
  • Sensasi terbakar di payudara yang mungkin cukup lama, atau hanya ketika menyusui

Gejala-gejala berikut juga terkadang muncul :

  • Kecemasan, merasa stres
  • Menggigil
  • suhu tubuh tidak stabil
  • Kelelahan
  • sakit umum dan nyeri
  • Perasaan malaise

Mastitis terjadi karena saluran yang mengeluarkan susu tersumbat (susu yang dihasilkan menetap di payudara). Mastitis dapat disebabkan oleh :

  1. Mulut bayi tidak melekat dengan benar pada payudara ketika meminum ASI
  2. Bayi mengalami kesulitan mengisap susu dari payudara
  3. bayi yang jarang diberi ASI

Saluran susu dapat tersumbat karena tekanan pada payudara yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pakaian yang terlalu ketat.

Penyebab mastitis

Bakteri umumnya tidak berkembang dalam payudara wanita. Namun, jika saluran susu tersumbat dan mandeg, kemungkinan besar infeksi dapat tumbuh. Para ahli percaya bahwa bakteri yang ada di permukaan kulit payudara masuk melalui retakan kecil. Dokter juga mengatakan bahwa bakteri dalam mulut bayi mungkin masuk ke payudara ibu selama menyusui.


Mastitis pada wanita yang tidak menyusui Wanita yang tidak menyusui (tidak memproduksi susu) dapat mengembangkan mastitis. Hal ini tidaklah biasa dan disebut sebagai mastitis periductal. Para ahli yakin bahwa merokok menjadi salah satu penyebab rusaknya saluran susu, membuat wanita menjadi lebih rentan terhadap infeksi Mastitis.


sms button simpati +62813-1518-6262

Mastitis setelah puting ditindik

Piercing (tindik) puting yang dilakukan oleh orang non-profesional, dapat meningkatkan risiko mastitis terjadi.


Diagnosis mastitis

Mastitis cukup mudah untuk didiagnosis. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang gejala yang dirasakan oleh pasien. Ketika gejala sudah parah, atau jika wanita tidak segera melakukan pengobatan, dokter mungkin akan mengambil sampel kecil dari ASI untuk diuji di laboratorium. Tes biasanya akan menentukan apakah ada infeksi bakteri atau jenis bakteri yang muncul. Mengidentifikasi jenis bakteri membantu dokter memilih perawatan yang paling tepat.


Pengobatan untuk mastitis

Pengobatan untuk mastitis biasanya termasuk antibiotik, serta teknik yang tercantum di atas untuk saluran tersumbat. Antibiotik dapat melancarkan ASI untuk bayi. bayi mungkin akan menghasilkan tinja berair dan menjadi gelisah. Dokter mengatakan ini tidak mempengaruhi bayi, dan efek akan hilang segera setelah pengobatan selesai.

Jika mastitis tidak kunjung membaik, Anda bisa melakukan pemeriksaan di klinik Apollo. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Ejakulasi dini merupakan keluhan seksual yang umum pada pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih...


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang sangat cepat, terjadi pada alat reproduksi,vagina dan penis, penyakit ini memiliki masa inkubasi...


  • Polip serviks adalah polip kecil yang tumbuh di saluran endoserviks dan menonjol pada mulut serviks. Kebersihan merupakan faktor utama untuk..


  • Gejala wasir begitu banyak, dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Gejala wasir antara lain:...