Gonore


Gonore adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Tidak hanya mempengaruhi saluran reproduksi, tetapi gonore juga dapat mempengaruhi selaput lendir dari mulut, tenggorokan, mata, hingga rektum.

Infeksi ini ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi melibatkan penis, vagina, anus, atau mulut. Pria tidak harus ejakulasi untuk mengirimkan atau memperoleh gonore. Gonore juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayinya saat melahirkan. Meskipun semua individu yang aktif secara seksual beresiko untuk mendapatkan gonore, namun tingkat infeksi tertinggi terjadi pada remaja, dewasa dan anak muda.



Gejala Gonore

Seperti disebutkan di atas, gejala mungkin tidak terlihat meskipun infeksi gonore sudah ada. Gejala dapat muncul sekitar 1-14 hari setelah terpapar infeksi. Pria dan wanita mengalami gejala yang sedikit berbeda, ini dapat mencakup:

pria:

  1. Putih, kuning, atau hijau uretra discharge, menyerupai nanah

  2. Nyeri di testis atau skrotum

  3. Seringkali nyeri saat buang air kecil

  4. gatal, nyeri, perdarahan, atau nyeri saat buang air

  5. Sakit tenggorokan, gatal-gatal, kesulitan menelan, atau kelenjar leher getah bening

  6. sakit mata, sensitivitas cahaya dan / atau debit mata menyerupai nanah

  7. Merah, bengkak, hangat, nyeri sendi

Perempuan :

  1. hubungan seksual yang menyakitkan

  2. Demam

  3. keputihan berwarna kuning atau hijau

  4. pembengkakan vulva

  5. Pendarahan di antara periode

  6. Pendarahan setelah hubungan seksual

  7. Muntah, sakit perut / panggul

  8. Menyakitkan atau sering buang air kecil

  9. debit dubur, gatal, nyeri, perdarahan, atau nyeri dengan gerakan passing usus

  10. Sakit tenggorokan, gatal-gatal, kesulitan menelan, atau kelenjar leher getah bening

  11. sakit mata, sensitivitas cahaya dan / atau debit mata menyerupai nanah

  12. Merah, bengkak, hangat, nyeri sendi

Komplikasi gonore

Pada wanita, gonore dapat menyebabkan penyakit radang panggul, suatu kondisi yang dapat menyebabkan abses, nyeri panggul kronis, infertilitas, dan kehamilan ektopik. Pada pria, infeksi gonore dapat menyebabkan epididimitis dan infertilitas.

Baik pria maupun wanita beresiko mengembangkan infeksi gonore yang mengancam hidup ketika tidak segera diobati. Jenis infeksi sering ditandai dengan demam, arthritis, tenosynovitis, dan dermatitis. Mereka yang terinfeksi dengan gonore juga beresiko tinggi tertular HIV.


sms button simpati +62813-1518-6262

komplikasi lebih lanjut dari infeksi gonore dapat terjadi pada wanita hamil. Sangat mungkin untuk menularkan infeksi tersebut kepada sang bayi yang dilahirkan. Gonore yang diteruskan pada bayi dapat menyebabkan infeksi sendi, kebutaan, atau infeksi darah yang mengancam jiwa. Dan juga, wanita yang terinfeksi berada pada peningkatan risiko untuk melahirkan bayi prematur atau bayi mati mendadak jika tidak segera diobati.


Diagnosis dan pengobatan gonore

Dalam situasi tertentu, dokter mungkin menyarankan tes untuk gonore, selain penyakit menular seksual lainnya. Pengujian untuk gonore dapat diselesaikan dengan menganalisis sampel urin atau swab dari daerah yang terinfeksi. sampel swab biasanya diambil dari penis, leher rahim, uretra, anus, atau tenggorokan. Jika seorang wanita hamil terinfeksi dengan gonore, bayi akan diberikan salep mata untuk mencegah penularan gonore. Namun, antibiotik mungkin diperlukan jika infeksi mata berkembang.


Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Ejakulasi dini merupakan keluhan seksual yang umum pada pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih...


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang sangat cepat, terjadi pada alat reproduksi,vagina dan penis, penyakit ini memiliki masa inkubasi...


  • Polip serviks adalah polip kecil yang tumbuh di saluran endoserviks dan menonjol pada mulut serviks. Kebersihan merupakan faktor utama untuk..


  • Gejala wasir begitu banyak, dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Gejala wasir antara lain:...