Radang Panggul


Penyakit Radang Panggul atau dikenal juga sebagai PID yakni keadaan medis yang ditandai dgn infeksi bakteri terhadap saluran genital perempuan sektor atas, seperti kandungan (rahim), tuba falopii dan ovarium. Pada kebanyakan kasus, PID disebabkan oleh infeksi vagina atau serviks yang tersebar hingga kedalam rahim.



Apa penyebab penyakit Radang Panggul ?

Penyakit radang panggul diakibatkan oleh infeksi bakteri yang tumbuh dan menjalar dibagian panggul, bakteri yang tidak sedikit dapat ditemukan seperti bakteri gonococcus & klamidia. Bakteri ini diperoleh ketika berhubungan seksual bersama pasangan yang telah terinfeksi dan tidak memanfaatkan kondom. Penyebab radang panggul lainnya yang lebih jarang, yakni disaat bakteri masuk ke dalam saluran reproduksi lantaran leher rahim terganggu. Faktor ini dapat berlangsung ketika pemakaian media kontrasepsi spiral (IUD) sesudah melahirkan, keguguran atau aborsi.

Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, dimana bakteri masuk melalui vagina dan bergerak ke rahim lalu ke tuba falopii. 90-95% kasus PID disebabkan oleh bakteri yang juga menyebabkan terjadinya penyakit menular seksual (misalnya klamidia, gonore, mikoplasma, stafilokokus, streptokokus).

Infeksi ini jarang terjadi sebelum siklus menstruasi pertama, setelah menopause maupun selama kehamilan. Penularan yang utama terjadi melalui hubungan seksual, tetapi bakteri juga bisa masuk ke dalam tubuh setelah prosedur kebidanan/kandungan (misalnya pemasangan IUD, persalinan, keguguran, aborsi dan biopsi endometrium).


sms button simpati +62813-1518-6262

Ada banyak faktor risiko yg menciptakan perempuan rentan terinfeksi radang panggul, antara lain :

Mempunyai penyakit menular yang belum diobati, Mempunyai banyak pasangan sex, Mempunyai riwayat PID pada awal mulanya. Sumber infeksi kebanyakan berasal dari penggunaan fasilitas kontrasepsi didalam rahim atau bisa juga lewat penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore. PID biasanya menginfeksi perempuan yakg aktif secara seksual, umumnya terhadap umur antara 15 hingga 24 thn. Orang yang terinfeksi PID ringan umumnya tak merasakan gejala atau tanda-tanda apapun. Ketika Penyakit Radang Panggul sudah tidak mempan dengan pengobatan atau muncul infeksi yang berbeda, Anda bisa mengunjungi klinik Apollo yang terletak di daerah Jakarta pusat untuk melakukan pemeriksaan.


Penyebab lainnya yang lebih jarang terjadi adalah:

  1. Aktinomikosis (infeksi bakteri)

  2. Skistosomiasis (infeksi parasit)

  3. Tuberkulosis.

  4. Penyuntikan zat warna pada pemeriksaan rontgen khusus.

Faktor resiko terjadinya PID:

  1. Aktivitas seksual pada masa remaja

  2. Berganti-ganti pasangan seksual

  3. Pernah menderita PID

  4. Pernah menderita penyakit menular seksual

  5. Pemakaian alat kontrasepsi yang bukan penghalang.

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..