Fisura Ani


Apa itu Fisura Ani Fisura ani adalah sobekan kecil pada jaringan lembab tipis yang melapisi anus sehingga timbul rasa nyeri saat buang air besar. Biasanya fisura ani terjadi akibat ketegangan saat buang air yang besar atau keras. Walaupun menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan, fisura ani umumnya tidak menyebabkan masalah serius. Kondisi ini dapat terjadi pada berbagai usia, bahkan pada orang sehat.



Keadaan ini cukup umum dan menjadi sekitar 15% kasus yang ditangani dokter spesialis usus dan saluran pembuangan (kolorektal). Fisura ani lebih sering terjadi pada bayi muda dan orang tua.


Fisura ani dapat bersifat tiba-tiba (akut) atau berkepanjangan (kronis). Kasus akut atau jangka pendek biasanya dapat sembuh dalam beberapa hari. Sedangkan, fisura kronis tidak sembuh dalam waktu 8 sampai 12 minggu dan biasanya perlu perawatan lebih lanjut.


Gejala Fisura Ani

Gejala penyakit ini dapat bersifat ringan hingga parah. Gejala yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:

  • Gatal (pruritus ani) pada pembukaan anus

  • Perdarahan (darah berwarna merah terang) yang terpisah dari tinja; Anda dapat sering melihat bercak atau beberapa tetes darah merah terang pada toilet.

  • Sensasi tajam, terbakar atau menyengat saat buang air besar yang dapat bertahan untuk sesaat atau bertahan selama beberapa jam.

  • Bau busuk dari pembukaan anus (biasanya untuk kasus parah), yang mungkin menandakan kemungkinan infeksi.

  • Sering buang air kecil atau ketidakmampuan untuk buang air kecil Beberapa fisura ani tidak menunjukkan gejala dan tidak menyakitkan. Perdarahan dapat terjadi dari waktu ke waktu tetapi tanpa gejala lain.

Penyebab Fisura Ani

Fisura ani biasanya disebabkan oleh luka atau cedera pada anus. Hal ini dapat terjadi ketika adanya kotoran besar, termasuk sembelit. Selain itu, dapat juga dipicu oleh diare berulang sehingga menyebabkan iritasi pada lapisan dubur, atau disebabkan oleh ketegangan saat melahirkan. Fisura juga dapat disebabkan oleh hubungan seks anal atau efek samping dari pemeriksaan dubur.


Para ahli percaya bahwa luka terjadi karena ketegangan berlebih dalam dua cincin otot yang disebut sfingter yang mengendalikan pembukaan anus. Sfingter luar dikendalikan oleh otot, sedangkan sfingter dalam adalah tipe involunter. Jika tekanan di daerah tersebut meningkat, maka aliran darah dapat berkurang dan menyebabkan tegangan, yang dapat menuju pada fisura. Tekanan dan tegangan secara terus-menerus di daerah tersebut juga dapat menyebabkan lambatnya pemulihan total dari fisura.


sms button simpati +62813-1518-6262

Pengobatan untuk Fisura Ani

Hampir semua pilihan pengobatan untuk fisura ani ditujukan untuk menurunkan ketegangan dan kejang pada sfingter ani sehingga otot-otot dapat melemas. Tekanan yang rendah dapat mempercepat penyembuhan fisura. Untuk kasus akut, pola makan tinggi serat dan suplemen serat biasanya dianjurkan tanpa penanganan dokter. Dengan pola makan tinggi serat, ketegangan akan sedikit berkurang saat buang air besar sehingga memungkinkan percepatan proses penyembuhan fisura ani. Selain itu, penting juga untuk menghindari makanan seperti kacang-kacangan, berondong jagung dan keripik yang sulit untuk dicerna.


Konsumsi air yang banyak atau asupan cairan juga penting dalam gerakan usus yang sehat dan sering. Perawatan di rumah seperti mandi air hangat (mandi Sitz) dan kompres hangat selama 10-20 menit beberapa kali sehari akan mendorong seseorang untuk bersantai dan meningkatkan aliran darah, yang dapat mempercepat waktu penyembuhan.


Penyakit lain seperti penyakit radang usus (IBD) seperti penyakit Crohn dan luka radang usus (kolitis ulseratif), serta penyakit menular seksual seperti sifilis dan herpes dapat menyebabkan fisura ani


Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Ejakulasi dini merupakan keluhan seksual yang umum pada pria. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria berejakulasi lebih...


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang sangat cepat, terjadi pada alat reproduksi,vagina dan penis, penyakit ini memiliki masa inkubasi...


  • Polip serviks adalah polip kecil yang tumbuh di saluran endoserviks dan menonjol pada mulut serviks. Kebersihan merupakan faktor utama untuk..


  • Gejala wasir begitu banyak, dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Gejala wasir antara lain:...