Bahaya Sifilis


Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Jika tidak diobati segera oleh dokter, itu bisa lebih buruk dari waktu ke waktu dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Infeksi dapat aktif pada waktu dan tidak aktif pada waktu lain. Ketika infeksi aktif, Anda memiliki gejala. Ketika tidak aktif, Anda tidak memiliki gejala, meskipun Anda masih memiliki sifilis. Tetapi bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala, Anda dapat menularkan sifilis kepada orang lain. Anda tidak harus melakukan hubungan seksual untuk mendapatkan sifilis. Hanya berada di kontak dekat dengan alat kelamin orang yang terinfeksi, mulut, atau anus cukup untuk mengekspos Anda untuk terinfeksi.



Apa yang menyebabkan sifilis?

Bakteri menyebabkan sifilis biasanya memasuki tubuh melalui jaringan yang melapisi tenggorokan, hidung, rektum, dan vagina. Seseorang dengan sifilis yang memiliki sakit atau ruam dapat menularkan infeksi kepada orang lain. Seorang wanita hamil yang terinfeksi juga bisa menularkan infeksi sifilis pada bayinya.


Beberapa hal meningkatkan resiko Anda untuk terinfeksi sifilis, diantaranya :

  1. Berhubungan seks tanpa kondom (seperti tidak menggunakan kondom atau tidak menggunakan kondom dengan benar).

  2. Memiliki lebih dari satu pasangan seks dan tinggal di daerah di mana sifilis adalah umum.

  3. Memiliki pasangan seks yang terinfeksi sifilis.

  4. Berhubungan seks dengan pasangan yang memiliki banyak pasangan seks.

  5. Memiliki HIV.

Apa saja gejalanya?

Anda mungkin tidak melihat gejala sifilis. Kadang-kadang mereka sama seperti gejala untuk infeksi lainnya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang yang terinfeksi menunda mengunjungi dokter. Dan itu dapat membuat lebih sulit bagi dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki sifilis.


Bahaya Sifilis

Empat tahap sifilis memiliki gejala yang berbeda.

  1. tahap utama: Salah satu tanda-tanda pertama adalah luka terbuka menyakitkan disebut chancre. Karena sifilis biasanya menyebar ketika orang memiliki kontak seksual, chancres sering ditemukan di dalam mulut, anus, atau area genital. Mereka juga dapat ditemukan di mana pun bakteri memasuki tubuh.

  2. Tahap sekunder: Ruam kulit dan gejala lain mungkin muncul 2 sampai 12 minggu setelah seseorang terinfeksi. Pada tahap ini, sangat mudah untuk menyebarkan infeksi melalui kontak dengan mulut, anus, alat kelamin, atau daerah di mana ada ruam kulit.

  3. sms button simpati +62813-1518-6262

  4. Tahap laten: Setelah ruam hilang, seseorang mungkin memiliki periode tanpa gejala. Hal ini biasa disebut "panggung tersembunyi." Meskipun gejala pergi, bakteri yang menyebabkan sifilis masih dalam tubuh dan mulai merusak organ internal. Tahap ini mungkin terjadi 1 tahun atau bisa jadi 5 sampai 20 tahun. Seringkali, seorang wanita dengan tahap laten sifilis tidak mengetahui bahwa dia memiliki infeksi sampai dia melahirkan anak yang ternyata terinfeksi sifilis.

  5. Tahap akhir (tersier): Jika sifilis tidak ditemukan dan diobati pada tahap awal, dapat menyebabkan masalah kesehatan serius lainnya. Ini dapat termasuk kebutaan, masalah dengan sistem saraf,jantung, dan gangguan mental. Hal ini juga dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, sangat penting bagi siapapun yang mengidap sifilis agar melakukan pemeriksaan segera supaya dapat mencegah komplikasi penyakit berkepanjangan.

Anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan reservasi dan menemukan solusi untuk penyakit kelamin anda. Klinik Apollo adalah klinik spesialis kulit dan kelamin yang sudah bekerjasama dengan berbagai rumah sakit serta klinik bertaraf internasional untuk melakukan diagnosa dan menemukan solusi pengobatan beragam masalah penyakit kulit dan kelamin. Ditunjang dengan peralatan canggih serta dokter sepesialis yang berpengalaman dibidangnya, silahkan kunjungi klinik Apollo untuk menemukan solusi terbaik pengobatan penyakit kelamin anda.

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..