Gejala Dan Sebab Fistula Ani


Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua tempat yang berepitel. Sedangkan Fistula ani adalah fistula yang menghubungkan antara kanalis anal ke kulit di sekitar anus (ataupun ke organ lain se¬perti ke vagina). Hal ini yang kemudian pada permukaan kulit akan muncul satu atau lebih lubang fistula. Lubang fistula tersebut dapat mengeluarkan nanah ataupun kotoran saat BAB.


Jenis Fistula

Fistula terbagi dari beberapa jenis, mulai dari yang simple hingga fistula kompleks yang bercabang cabang dan melibatkan otot sphincter ani (otot yang mengatur proses defekasi).



Penderita Fistula ani

Penyakit ini biasanya terjadi pada laki laki yang berumur 20 – 40 tahun. Namun sangat jarang terjadi, penderitanya berkisar 1-3 kasus tiap 10.000 orang. Sebagian besar fistula terbentuk dari sebuah abses dengan persentase sekitar 40% pasien. Fistula Ani yang terjadi pada anak-anak bisa disebabkan pada cacat bawaan, dimana Fistula sering ditemukan pada anak laki-laki.


Penyebab

Penyebab pastinya belum ditemukan, namun pada umumnya penyakit ini di temukan pada penderita:

  • Penyakit Cronhn
  • Tuberkulonis
  • Divertikulitis
  • Kanker atau cedera anus maupun rekturm
  • Hemoroid
  • Fissura Ani
  • Dan Lordosis yang berlebihan

Lubang Fistula Ani yang menghubungkan rektum dan Vagina biasanya diakibatkan karena:

  • Sinar X
  • Kanker
  • Penyakit Crohn
  • dan Cedera pada ibu hamil selama proses bersalin.

Mayoritas penyakit supurativ anorektal terjadi karena infeksi dari kelenjar anus (cyptoglandular). Kelenjar ini terdapat di dalam ruang intersphinteric. Diawali kelenjar anus terinfeksi, sebuah abses kecil terbentuk di daerah intersfincter. Abses ini kemudian membengkak dan fibrosis, termasuk di bagian luar kelenjar anus di garis kripte. Ketidakmampuan abses untuk keluar dari kelenjar tersebut akan mengakibatkan proses pe¬radangan yang meluas sampai perineum, anus atau seluruhnya, yang akhirnya membentuk abses perianal dan kemudian menjadi fistula.

Fistula ani juga dapat terjadi pada pasien dengan kondisi inflamasi berkepanjangan pada usus, seperti pada Irritable Bowel Syndrome (IBS), diverticulitis, colitis ulseratif, dan penyakit crohn, kanker rectum, tuberculosis usus, HIV-AIDS, dan infeksi lain pada daerah ano-rektal. Sebagian besar fistula ani memerlukan operasi karena fistula ani jarang sembuh spontan. Setelah operasi risiko kekambuhan fistula termasuk cukup tinggi yaitu sekitar 21% (satu dari lima pasien dengan fistula post operasi akan mengalami kekambuhan).


Gejala

Berikut gejala umum fistula ani:

  1. Nyeri, yang bertambah pada saat bergerak, defekasi, dan batuk.
  2. Keluar darah atau nanah dari lubang fistula.
  3. Iritasi atau ulkus di kulit di sekitar lubang fistula.
  4. Gatal sekitar anus dan lubang fistula.
  5. Benjolan (Massa fluktuan) bila masih berbentuk abses.
  6. Demam, dan tanda tanda umum infeksi
  7. Fistula Ani Kadang-kadang merasakan sakit berlebihan bahkan membuat tubuh menjadi lemah dan lesu. Fistula jika mengering kadang tidak terasa sakit dan bila timbul kembali maka rasa sakit terasa bahkan hingga sampai dua bulan.

Pengobatan


sms button simpati +62813-1518-6262

Untuk pengobatan juga belum didapat pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini. Obat dan salep yang diberikan hanya untuk mengeringkan dan mengecilkan lubang untuk sementara. Solusi pengobatan secara medis salah satunya dengan operasi pembedahan namun harus dilakukan berulang kali. tapi salah satu dokter menyebutkan untuk pencegahan setelah di operasi bersihkanlah bekas lubang fistula setelah sembuh dengan sabun supaya bakterinya mati.

Pengobatan secara herbal dapat dengan meminum Kapsul penderita kanker yang terbuat dari herbal. selain itu berendam air mahkota dewa lalu di kompres dengan minyak made.


Pantangan yang di berikan pun bermacam-macam diantaranya yaitu;

  • Hindari makan sayur taoge, Kankung, cabe
  • Buah durian, nangka dan lengkeng
  • Daging sapi, kambing serta ayam negeri
  • Dan hindarilah Asap rokok, masakan yang di panggang, serta MSG.

Fistula Ani yang di biarkan terlalu lama dapat berakibat Fatal. Bisa menyebabkan kanker tulang, kanker lubang dubur, dan penyakit sejenisnya).

Untuk Penjelasan Tentang Operasi Silahkan Konsultasikan Kepada Kami, Agar Dokter Kami Dapat Menjelaskan Lebih Detail

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..