Gejala Keputihan Abnormal


APAKAH KEPUTIHAN KAMU TIDAK NORMAL..?

Penyakit keputihan adalah penyakit kewanitaan yang seringkali dianggap remeh dan tidak segera diobati. Padahal ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal atau keputihan fisiologis dan keputihan patologis atau keputihan tidak normal. Nah, jika kamu mulai mendapati dirimu keputihan dengan ciri-ciri keputihan tidak normal seperti keputihan yang menimbulkan bau dan gatal, segeralah konsultasikan kepada dokter.



Lantas bagaimanakah jenis keputihan yang berbahaya dan tidak normal itu? Ingin tahu selengkapnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Jenis keputihan yang berbahaya dan tidak normal :

  1. Cairannya kental
  2. Biasanya berwarna putih susu, kuning, kehijauan atau keabu-abuan.
  3. Cairan terkadang lengket
  4. Menimbulkan bau tidak sedap.
  5. Menyebabkan gatal.
  6. Jumlah cairan banyak dan akan meninggalkan bercak pada pakaian dalam

Apakah kamu pernah mengalami salah satu atau beberapa dari ciri-ciri keputihan di atas? Jika iya, itu tandanya kamu harus lebih berahti-hati nih! Sebab jika dibiarkan terlalu lama, maka keputihan dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Saran terbaik kami adalah segera periksa ke dokter atau ahli kesehatan.

Infeksi jamur

Infeksi jamur pada daerah kewanitaan bisa ditandai dengan cairan berwarna putih kekuningan dan berupa gumpalan seperti kepala susu. Biasanya kamu akan merasakan gatal dan panas, iritasi, atau bahkan membengkak di bagian kewanitaan. Kadang pula ada rasa nyeri setelah buang air kecil dan setelah berhubungan intim. Infeksi parasit Keputihan jenis ini selain disebut sebagai infeksi parasite juga biasanya dikenal sebagai trikomoniasis. Penyakit ini termasuk penyakit seksual yang menular yang disebabkan oleh parasit. Cirinya adalah keluarnya cairan berwarna kuning kehijauan dan teksturnya kental, baunya tak sedap serta berbusa. Jika kamu juga mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual atau di luar masa menstruasi, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


sms button simpati +62813-1518-6262

Infeksi bakteri

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi yang berasal dari bakteri memiliki ciri keluar cairan keputihan berwarna abu-abu, teksturnya agak encer tapi tidak berbusa, dan baunya agak amis. Setelah berhubungan intim, baunya akan terasa lebih menusuk dan bau darah saat menstruasi menjadi aneh dan tidak normal. Keputihan semacam ini menyebabkan daerah kewanitaanmu menjadi kemerahan, bengkak, dan terasa seperti terbakar.

Keputihan patologis, adalah keputihan yang terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing dalam vagina atau karena keganasan. Infeksi bisa sebagai akibat dari bakteri, jamur atau protozoa.


Ciri-ciri keputihan patologis:

  1. Warnanya tidak seperti lendir.

  2. Keputihan patologis biasanya, warnanya seperti kepala susu, atau hijau kekuning- kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihannya sudah menjadi penyakit.

  3. Gatal pada daerah vagina, serta lender yang berbau, sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.


Penyebab Keputihan Patologis:

  • Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa.

  • Cara membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.

  • Keganasan kanker leher rBenda asing didalam vagina ( misalnya : kondom yang tertinggal)

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..