Haid Tidak Teratur


Seorang wanita akan mengalami haid untuk pertama kalinya (Menarche) di usia 12-13 tahun. Namun beberapa wanita ada juga yang mendapatkan haid pertama di usia 9-10 tahun, tergantung fisiologi alamiahnya. Dan periode haid tersebut akan berakhir ketika seorang wanita memasuki masa menopause, yang normalnya terjadi pada usia 49-50 tahun. Namun demikian, tindakan pembedahan atau radiologis dapat menyebabkan "menopause artifisial" pada usia yang lebih dini.

Siklus haid rata-rata terjadi sekitar 28 hari, dan berlangsung selama 3-7 hari. Namun demikian siklus tersebut tidak mutlak, karena banyak ditemukan wanita yang memiliki siklus haid antara 21-35 hari.



  1. Penurunan Berat Tubuh yg Drastis
    • Berat tubuh yg turun drastis dalam tempo singkat bisa berakibat telatnya menstruasi. Rintangan pola makan serius seperti anoreksia & bulimia merupakan penyebab orang mengalami penurunan berat tubuh drastis & terlambat datang bln.

  2. Stres
    • Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D seperti dikutip dari Women's Health menuturkan bahwa hypothalamus, salah satu bidang dari otak teramat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus merupakan ruangan bernaungnya hormon yg mengatur masa haid. Stres mengganggu kinerja hypothalamus sehingga produksi hormon menjadi tidak seimbang.

  3. Kendala Kepada Kelenjar Tiroid
    • Kelenjar tiroid yg terdapat dileher berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar ini pun berinteraksi bersama system badan lainnya supaya berfungsi dgn seharusnya. Namun diwaktu ketidakseimbangan terhadap tiroid, baik itu hipotiroid ataupun hipertiroid, bakal berpengaruh pada kelancaran siklus haid.

  4. Hormon Tidak Seimbang
    • Menurut dokter spesialis kandungan, penyebab penting menstruasi tak rutin yakni hormon yg tak stabil. Keseimbangan hormon adalah hasil dari sebuah kerja sama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Ganjalan dalam peredaran hormon tersebut bisa menyebabkan siklus menstruasi perempuan terganggu. "Gangguan hormon ini bisa timbul karena berbagai faktor, seperti kelelahan, tugas, atau stres. Beban pikiran yg berat dapat mempengaruhi hormon estrogen & progesteron yang berdampak terhadap siklus menstruasi wanita.

    sms button simpati +62813-1518-6262

  5. Pil Kontrasepsi
    • Siklus menstruasi dapat terganggu sebab fasilitas pengontrol kehamilan. Sekian Banyak kategori pil kontrasepsi dosis rendah dapat menyebabkan haid tidak lancar. Menurut Alyssa, hal tersebut ialah efek dari mengkonsumsi pil KB. Fasilitas yang lain seperti IUD, spiral atau suntik KB pun bisa saja jadi penyebab haid tak rutin.

  6. Jamur atau Penyakit
    • Dokter mengatakan jadwal mens yg berantakan dapat dikarenakan adanya penyakit seperti jamur. "Kalau contohnya dirinya seseorang olahragawan, fikiran stres, haidnya jarang, kalau ada penyakit bisa jadi lantaran adanya tumor.


Apabila dilihat dari kondisi haid yang tidak teratur, haid tidak teratur ini bisa digolongkan menjadi beberapa tipe, yaitu:

  1. Metrorrhagia adalah menstruasi yang tidak teratur, namun menstruasi rutin terjadi.

  2. Oligomenorrhea adalah kondisi ketika siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari, sehingga dalam kurun waktu setahun, menstruasi bisa terjadi hanya sekitar 6-8 kali.

  3. Amenorrhea adalah kondisi ketika menstruasi Anda berhenti selama 3 bulan lebih.

  4. Menometrorrhagia adalah pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak tapi rutin terjadi.

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..