Infeksi Saluran Kemih


Penyebab utama yang dapat menimbulkan terjadinya infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia coli (E.Coli) yang mana bakteri tersebut banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Pada umumnya wanita sangat lebih rentan untuk terkena penyakit ISK ini. Hal ini dikarenakan uretra yang ada pada wanita lebih pendek ketimbang dengan uretra yang ada pada pria sehingga bakteri tersebut lebih mudah untuk menjangkaunya. Tidak hanya oleh bakteri saja, infeksi juga bisa dipicu oleh batu didalam saluran kencing yang menahan koloni kuman. Begitupun sebaliknya, infeksi saluran kemih kronis juga dapat menimbulkan batu.



Terdapat mikroorganisme lainnya yang dapat memicu untuk terjadinya penyakit ISK diantaranya mikroorganisme yang bernama Klamidia dan Mikoplasma. Penyakit ISK yang dipicu oleh mikroorganisme tersebut hanya dapat terjadi pada bagian uretra dan sistem reproduksi saja. Hal ini begitu berbeda dengan E Coli, kedua bakteri tersebut bisa ditularkan secara seksual sehingga penanganannya harus bersamaan antara suami dan istrinya.


Gejala Awal Infeksi Saluran Kemih

Pada umumnya penyakit ISK sering menimbulkan beberapa gejala dan dibawah ini merupakan beberapa gejala tersebut :

  1. Terasa sakit pada saat atau setelah kencing

  2. Anyang-anyangan yaitu rasa ingin kencing tetapi tidak ada ataupun sedikit air seni yang keluar

  3. warna air seni terlihat begitu kental atau pekat seperti air teh, terkadang kemerahan apabila terdapat darah pada air seni tersebut.

  4. Terasa nyeri pada bagian pinggang

  5. Timbulnya demam atau pun perasaan menggigil. Hal ini menandakan bahwa ISK yang terjadi sudah mencapai ginjal.


sms button simpati +62813-1518-6262

Ada beberapa golongan orang yang memiliki resiko lebih besar terkena infeksi saluran kencing ini, diantaranya adalah:

  1. Para penderita cacat dari lahir.
  2. Cacat ini terdapat pada bagian saluran kencing sehingga membuat kesempatan terkena infeksi saluran kencing lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.

  3. wanita
  4. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa wanita akan lebih besar beresiko mengalami infeksi saluran kencing karena letak anus dan ureter yang berdekatan selain itu juga bisa disebabkan karena hubungan seksual terutama yang tidak sehat.


  5. Wanita yang sudah masuk dalam masa menopause.
  6. Wanita yang sudah masuk dalam masa menopause memiliki kadar hormone estrogen yang mulai berkurang sehingga menyebabkan gangguan pada saluran kencing terkena infeksi.


  7. Wanita yang sedang hamil

  8. Wanita yang menggunakan kontrasepsi diafragma.
  9. Pada jenis kontrasepsi yang satu ini mampu menyebabkan tekanan di dalam kandung kemih dan juga menganggu pengosongan kandung kemih.


  10. Para penderita batu ginjal dan juga mereka yang menderita gangguan pada prostat.
  11. Pada kedua jenis penyakit ini memiliki kesamaan yaitu dapat memperlambat kosongnya bagian kandung kemih sehingga membuat bakteri akan mampu berkembang biak lebih lama di dalam cairan urin.


  12. Orang yang menggunakan kateter atau alat bantu kencing.
  13. Mereka ini biasanya sedang dalam kondisi kesehatan yang tidak baik sehingga tidak bisa kencing sendiri dan membutuhkan bantuan alat ini.


Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Pada saat penderita melakukan pemeriksaan ke dokter, hal yang mungkin akan dilakukan oleh dokter adalah dengan memeriksa riwayat penyakit dan gejala yang dirasakan oleh pasien itu sendiri. Kemudian setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan tes urin atau urinalysis. Pada pemeriksaan urin ini akan diperiksa apakah ada bakteri dan sel darah putih di dalam urin tersebut. Pada tes urin ini juga akan dicocokan jenis bakteri yang ada di dalamnya apakah merupakan penyebab infeksi saluran kencing ataukah tidak.

Pemeriksaan jenis bakteri ini sangatlah penting dilakukan karena akan terkait dengan pemberian antibiotic yang tepat pada jenis bakteri dan jumlanya yang ada di dalam urin. Selain pemeriksaan urin, dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan pada sampel darah. hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada gangguan dalam fungsi ginjal ataukah tidak. berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan yang mungkin dilakukan untuk melihat adanya infeksi saluran kencing.

  • Pemeriksaan USG, pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan gelombang ultrasound dimana ini untuk mendapatkan gambaran mengenai keadaan kandung kemih dan juga ginjal apakah sudah terkena infeksi atau belum dan seberapa parah infeksi yang sudah terjadi.

  • CT Scan, ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas lagi pada saluran kencing dengan mendapatkan gambar 3D.

  • Sitoskopi, ini dilakukan dengan cara memasukan pipa kecil yang dilengkapi dengan kamera untuk melihat lebih jelas keadaan di dalam kandung kemih dan juga saluran kencingnya.

  • Intravenous pyelogram, dilakukan dengan menggunakan teknologi X-rays.

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..