Kutil Kelamin


kelamin adalah salah satu penyakit seksual yang bisa menular. Hal ini disebabkan karena kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penularan dari penyakit ini terjadi melalui kontak virus melalui kulit dengan kulit ketika aktivitas seksual terjadi. Seseorang terserang penyakit ini apabila didalam aktivitas seksual tersebut salah satunya sudah terjangkit penyakit kelamin ini.

Karena penyakit ini menular, maka penyakit ini sangat rentan menyerang siapa saja. Faktor-faktor yang menyebabkan penyakit tersebut adalah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang tidak jelas riwayat seksualnya seperti apa, apakah dia suka gonta ganti pasangan atau tidak, dan juga sudah melakukan aktivitas seksual sejak usia remaja. Penularan dari penyakit kelamin ini juga terjadi melalui sex toys yang sudah tertular virus kelamin.



Gejala Penyakit Kelamin

Ukuran dari kelamin ini sebagian besar berukuran kecil, oleh karena itu bentuk fisiknya tidak terlihat secara kasat mata. Orang-orang yang memiliki atau mengalami kondisi ini merasakan gatal-gatal pada bagian genitalnya. Ukuran-ukuran dari ini tumbuh satu persatu, berdekatan letaknya, atau bisa juga membentuk kelompok sehingga bentuknya terlihat lebih besar. yang tumbuh pada bagian genital pria berada di bagian batang dan ujung penis, bagian anus, serta bagian kantung zakar.

Sedangkan yang tumbuh pada bagian genital wanita berada di bagian dinding vagina, bagian leher rahim, bagian vulva, dan kulit yang berada diantara lubang vagina dan juga lubang anus. Tidak hanya itu, kelamin dapat tumbuh dibagian lain selain bagian genital pria dan wanita yaitu pada bagian dalam tubuh seperti mulut atau tenggorokan. Hal ini terjadi ketika seseorang melakukan seks oral dengan penderita kelamin. Walaupun kelihatannya berbahaya untuk kehamilan, namun bagi wanita penyakit kelamin ini tidak menyebabkan kesuburan seseorang.


Pemakaian kondom dapat menjadi langkah minimal untuk melindungi kita dari kelamin, meski alat kontrasepsi ini tidak sepenuhnya menutupi kulit area genital. Virus kelamin tidak bisa ditularkan melalui pelukan, ciuman, atau media perantara tertentu, misalnya alat makan, handuk, atau kertas toilet. Virus ini hanya bisa ditularkan melalui kontak antara kulit dengan kulit ketika berhubungan intim, termasuk seks anal, seks oral atau berbagi sex toys (alat bantu seks). Meski tidak terjadi penetrasi seksual, sentuhan antar kulit kelamin tetap berisiko menularkan virus.

Walau sangat jarang terjadi, virus juga bisa menular ketika tangan seorang penderita kelamin menyentuh area genital sendiri kemudian menyentuh area genital pasangannya. Selain itu, seorang ibu juga dapat menularkan virus kelamin kepada bayinya selama proses persalinan. Sama seperti melalui tangan, kasus semacam ini juga jarang terjadi.


Bagaimana Proses Penularan Penyakit Kelamin

Penyakit ini ditularkan oleh virus yang terjadi ketika penderita melakukan hubungan seksual dan dapat dialami oleh dua jenis kelamin, baik pada pria ataupun wanita.

Kondiloma akuminatum ialah vegetasi oleh Human Papiloma Virus tipe tertentu, bertangkai, dan permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu mempunyai potensi onkogenik yang tinggi, yaitu tipe 16 dan 18. tipe ini merupakan jenis virus yang paling sering dijumpai pada kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kondiloma akuminatum dan neoplasia intraepitelial serviks derajat ringan.

genitalis sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:

  • Tidak enak dilihat,

  • Bisa terinfeksi bakteri

  • Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan

Penyebab penyakit ini adalah virus papilloma.Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis,mulut, tenggorokan atau kerongkongan.


sms button simpati +62813-1518-6262

Beberapa ciri-ciri penyakit Kelamin:

  1. Pada pria tumbuh pada bagian biji, batang dan ujung penis

  2. Pada wanita tumbuh pada bagian bibir vagina, bisa tumbuh hingga ke liang vagina bagian dalam, ini yang sering memicu timbulnya kanker serviks atau kanker mulut rahim

  3. Beberapa kasus penyakit Kelamin tumbuh di lubang anus dan kerongkongan akibat berhubungan seksual dengan penderita kelamin melalui lubang anus (anal) dan oral seks dengan mulut

  4. Bentuknya menyerupai kembang kol dan tumbuhnya berkoloni, permukaannya agak kasar

  5. Tumbuhnya bisa berpindah-pindah di sekitar alat vital

  6. Terasa sedikit gatal

  7. Warna koloni kelamin merah kecoklatan atau merah pucat

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..