Operasi Selaput Dara

Facebook Google Twitter Print

Operasi Selaput Dara (Hymenoplasty)

Hymenoplasty dalam pandangan Kedokteran Pembahasan ini akan langsung fokus pada hymenoplasty, karena pada dasarnya pembahasanhymenoplasty ini perlu diawali dengan penjelasan anatomi reproduksi wanita. Dalam anatomi reproduksi wanita, terdapat bagian yang biasa disebut dengan selaput dara atau yang dalam istilah medisnya disebut dengan hymen. Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.


Meskipun demikian, kini dalam dunia medis terdapat cara untuk melakukan perbaikan terhadap hymen yang telah rusak, yaitu dengan melakukan operasi selaput dara atau hymenoplasty. Hymenoplasty atau operasi rekonstruksi selaput dara sejatinya adalah sebuah prosedur untuk kembali merekatkan selaput dara pada bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang diterapkan adalah jenis jahitan yang dissolvable sehingga secara kasat mata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas pasca operasi. Dengan kembali merekatnya dinding vagina, maka rasa sakit dan pendarahan saat melakukan sexual intercourse pun dapat terjadi kembali.


Prosedur dalam operasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Konsultasi menjadi prosedur awal operasi keperawanan. Tahapan ini menjadi jembatan yang menyambungkan dan menyelaraskan keinginan pasien dengan pandangan medis dari dokter.

  2. Tahapan berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan. Seperti prosedur bedah pada umumnya, operasi keperawanan pun menyimpan risiko. Karenanya penting untuk memastikan calon pasien dalam kondisi prima lewat medical check-up.

  3. Masuk ke tahap pengerjaan, pemberian bius dilakukan dengan bius total supaya pasien nyaman, tidak merasa kesakitan, karena posisi pasien seperti orang melahirkan. Teknik yang digunakan pada setiap pasien tidaklah sama, tergantung pada jenis robekan yang ada. Bila robekan baru terjadi dan hanya pada satu tempat saja sementara selaput dara sisanya masih utuh, maka akan dilakukan operasi yang sederhana. Operasi ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 10-20 menit. Bila selaput dara sudah lama robek dan terjadi di beberapa tempat maka teknik yang dilakukan akan semakin rumit. Kemungkinan tersambung dengan sempurna pun menjadi semakin kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk operasi ini juga cukup lama, sekitar 30 menit sampai 1 jam.

  4. Sebagai tindakan pascaoperasi, pasien diwajibkan "puasa" seks minimal 40 hari atau sampai luka operasi pulih. Hasilnya, keperawanan (selaput dara utuh) pun bisa didapatkan pasien.

Sementara itu, metode yang digunakan dalam operasi ini terdiri dari 2 macam, yaitu :

  • simple hymenoplasty
  • alloplant

Simple Hymenoplasty

  • Hymen yang tersisa akan diikat bersama untuk menutupi kerusakan yang terjadi. Kemudian jaringan hymen akan terangkat, sehingga vagina akan kembali terlapiskan hymen. Jadi selaput dara akan dilukai dulu, kemudian dijahit kembali. Penyatuan kembali lapisan mukosa selaput dara itu dilakukan oleh benang yang tipis yang bersifat terserap oleh tubuh. Kadang dibutuhkan pemindahan jaringan dari "Miss V" bagian luar untuk membuat lagi selaput dara tersebut.

sms button simpati +62813-1518-6262

Alloplant

  • Tindakan Allopant ini dilakukan bila lapisan Hymen sudah tidak bisa lagi diperbaiki, karena kerusakan yang terjadi sangat parah atau bahkan telah hilang sama sekali karena itu dilakukan pemasangan Hymen buatan. sebuah sayatan berbahan biometri akan dimasukan dan akan menjadi Hymen. Implan Hymen ini juga termasuk prosedur sederhana, dilakukan dengan cara pembiusan lokal. Karena itu untuk menentukan tindakanoperasi mana yang akan dilakukan, dokter akan mengadakan pemeriksaan kondisi pasien terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan yang terjadi. Setelah dilakukan pemeriksaan dilanjutkan dengan pemeriksaan pembekuan darah dan kondisi fisik selama dua minggu sebelum dilakukan operasi.

Sekilas dari pembahasan ini dapat dilihat bahwa operasi selaput dara ini adalah operasi sederhana, dan dari segi risiko serius yang ditimbulkan pasca operasi ini hampir tidak ada. Karena memang operasi ini bersifat operasi kecil, dan apa yang menjadi objek operasi adalah bukan organ vital yang dapat mengancam pelaku operasi. Dan meskipun ada, itu terkait dengan perawatan pasca operasi.

Beberapa rumah sakit besar di Indonesia mulai membuka praktek atau layanan operasi selaput dara atau dalam istilah kedokteran disebut dengan Hymenoplasty. Umumnya rumah sakit yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Makasar. Layanan ini di bawah naungan spesialis bedah. Dengan ini, bagi Anda yang ingin melakukan operasi tersebut tidak usah jauh-jauh lagi pergi ke luar negeri karena layanann tersebut sudah tersedia di dalam negeri. Layanan ini didedikasikan secara khusus bagi wanita korban pemerkosaan atau yang mengalami kerusakan akibat aktifitas tertentu bahkan melayani juga wanita yang mengalami kerusakan selaput dara akibat hubungan seksual.

Operasi inimerupakan operasi kecil dengan bios lokal dan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama, antara 1 sampai dengan beberapa jam saja. Tergantung dari tingkat kerusakannya. Pemulihan akan berlangsung selama beberapa minggu dan waktu sekitar sebulan, sudah siap "digunakan" dengan sensasi keperawanan! Biaya untuk melakukan operasi ini antara hingga puluhan juta tergantung dari layanan yang kita pilih. Ekonomi, VIP atau VVIP? (Keterangan harga, lihat di bawah).

Ada beberapa prosedur yang harus dilalui agar dapat mendapatkan layanan ini. Harus melalui pengecekan kesehatan secara umum dan konseling dengan psikolog. Bila tidak ada masalah, maka akan masuk ke sesi operasi untuk memulihkan keperawanan. Selaput dara akan langsung direkonstruksi atau tampannya akan dikembalikan ke kondisi sebelum mengalami kerobekan. Setelah menjalani operasi tersebut, maka sensasi keperawanan sudah siap untuk dirasakan di malam pertama.


KENDALA:

Kendala pertama wanita yang ingin melakukan operasi ini, tentunya adalah biayanya. Harga termurahnya saja. Itu bukan uang sedikit. Apalagi wanita yang memerulakan cara ini adalah kalangan remaja putri yang keuangannya masih sangat bergantung pada orang tua.

 

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..