Apa Itu Phimosis..?


Phimosis adalah preputium yang tidak bisa di retraksi. Phimosis normal terlihat pada anak karena adanya perlengketan (adhesi) antara preputium dan glans penis. Disebut patologis ketika ketidakmampuan untuk retraksi tersebut dikaitkan dengan adanya keluhan lokal pada genital atau adanya keluhan berkemih. Phimosis menyebabkan kecemasan orangtua yang tidak semestinya. Sirkumsisi adalah pengobatan pilihan untuk phimosis patologis. Dengan munculnya teknik bedah yang lebih baru yang efektif dan aman secara medis, tindakan konservatif seperti sirkumsisi secara bertahap semakin ditinggalkan terutama di eropa dan amerika. Orang tua dan dokter harus secara sadar akan adanya pilihan non invasif untuk phimosis patologis dengan hasil yang baik dan dengan efek samping minimal.


PENYEBAB PHIMOSIS

Gejala umum yang mungkin timbul pada mereka yang mengalami phimosis adalah kulit khatan berwarna kemerahan, bengkak dan empuk . Dokter biasanya melakukan diagnosa dengan memeriksa bagian tersebut secara teliti. suatu keadaan dimana ujung prefusium (kulit luar penis) mengalami penyempitan sehingga tidak dapat ditarik ke arah proximal (bawah) melewati glans (kepala penis) yang biasanya dapat mengkibatkan obstruksi air seni. Bila hal ini dibiarkan terus tanpa ada penanganan lebih lanjut akan mengakibatkan peradangan pada penis, ditambah klien yang mengalami phimosis ini akan menderita, karena akan mengalami nyeri bila sdang BAK. Biasanya yang mengalami phimosis adalah anak-anak kecil, karena biasanya juga bila seriring waktu menjadi dewasa dengan sendirinya preputium yang menyempit dengan sendirinya akan melonggar, tapi pada beberapa kasus phimosis masih tetap berlangsung sampai dewasa.


Cara Mencegah Phimosis

  1. Sunat. Dengan dilakukannya sunat diharapkan bisa mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi pada kulup dan penis. Sunat biasanya menggunakan pisau bedah, gunting, electrocauter, ataupun laser. Tetapi cara yang paling baik adalah dengan menggunakan laser. Sunat dapat dilakukan di klinik bedah di Rumah Sakit .

  2. Dengan sering menarik prepotium atau yang biasa disebut dengan kulup, terutama saat bayi mandi, dengan begitu, kotoran yang menumpuk di dalam kulup bisa dibersihkan. Jika sejak kecil tidak pernah dibersihkan lama kelamaan kotoran menutup bagian kulup dan kencing sulit keluar.

Infeksi pada penis yang terjadi kemungkinan timbul dari ketidakmampuan melakukan pembersihan yang efektif sehingga menyebabkan pembengkakan, kemerahan dan rasa sakit di daerah tersebut.

Selain rasa nyeri dan sakit saat buang air kecil, phimosis ini juga sering disertai dengan gejala:


  • Bagian depan penis yang menggelembung.

  • Anak menangis saat buang air kecil karena timbul rasa sakit.

  • Urine yang keluar tidak lancar.

  • Kadang disertai dengan demam tinggi atau iritasi pada penis.

sms button simpati +62813-1518-6262

MENGOBATI PHIMOSIS

Ada tiga cara untuk mengobati Phimosis, yaitu sebagai berikut:


    "Para dokter sepakat dengan menyarankan khitan anak sebagai solusi utama untuk menghilangkan masalah phimosis secara permanen. Rekomendasi ini diberikan terutama bila phimosis menimbulkan kesulitan buang air kecil atau peradangan di kepala penis (balanitis). Selain untuk mengatasi phimosis juga banyak manfaat lain yang didapat dari sunat".

    "Biasanya pemberian obat yang digunakan berupa salep untuk meningkatkan elastisitas kulup. Pemberian salep ini harus dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu agar diperoleh hasil yang efektif".

    "Proses peregangan dilakukan dengan mereggangkan secara bertahap kulup setelah mandi dengan menggunakan air hangat selama lima sampai sepuluh menit setiap hari. Peregangan ini harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari timbulnya luka".



Namun, berdasarkan pernyataan para peneliti kesehatan, metode sunat adalah solusi yang paling efektif mengobati phimosis. Selain mengobati phimosis, masih banyak Manfaat sunat yang lain yang dapat diperoleh, termasuk mempermudah proses pembersihan atau perawatan penis anak.

Phimosis tidak hanya dialami oleh anak-anak, bahkan pria dewasa juga ada yang menderita fimosis ini, bahkan apabila di biarkan maka akan dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius, seperti kanker penis. Maka apabila pria dewasa mengalami masalah fimosis sebaiknya segera melakukan sunat dewasa.

Pasca sunat, orangtua baiknya serius mengawasi luka pasca khitan yang menjadi bekas proses tindakan sunat. Perawatan pasca sunat bisa dilakukan dengan secara teratur membersihkan kepala penis anak. Hal ini bertujuan untuk menghindari sang anak dari terjadinya infeksi akibat kotoran dan bakteri.

Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit yang anda rasakan, Anda dapat menghubungi hotline kami di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli kesehatan Klinik Apollo, atau klik gambar di bawah ini untuk konsultasi langsung dengan kami, atau bisa segera datang langsung ke Klinik Apollo, Alamat: Jl. P.Jayakarta Komplek 115 C1-3, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730




Artikel Kesehatan

  • Tentu menjadi hal yang menakutkan ketika mengalami buang air besar berdarah, maksudnya adalah feses yang keluar bercampur darah.


  • Bau Ketiak merupakan penyakit yang umum mempengaruhi banyak orang. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi...


  • Pengertian penyakit Fistula Ani, Gejala, Penyebab dan Pengobatan. Arti kata Fistula adalah hubungan abnormal antara dua..


  • Impotensi adalah lemah syahwat atau keadaan tidak bertenaga. Sebuah masalah umum di kalangan pria yang ditandai oleh ketidak mampuan yang..


  • Telat datang bulan atau haid tak rutin sering dialami perempuan. Selain disebabkan kehamilan, penyebab telatnya menstruasi dapat..


  • Ambeien merupakan suatu penyakit yang umum di derita oleh banyak orang di seluruh dunia. kebanyakan dari mereka yang memiliki aktifitas sebagai...


  • Herpes genital adalah penyakit yang sangat menular, penyakit menular seksual yang mematikan, baik untuk pria maupun...


  • Penyakit radang panggul ialah infeksi yang tersebar dari vagina ke serviks, endometrium (lapisan rahim) serta salurah tuba...


  • Vulvitis atau peradangan pada alat kelamin eksternal dianggap peradangan pada organ kelamin perempuan, dan ini termasuk lapisan vagina


  • Phimosis merupakan suatu penyakit atau gangguan pada penis pria berupa penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga..